Wangsa : Journal of Education and Learning
Vol 1 No 03 (2024): Journal of Education

Penerapan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Aqidah Akhlak Siswa

Aulia, Siti (Unknown)
Suhaimi, Ummi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keinginan siswa untuk belajar tentang Aqidah Akhlak di MTs Al-Washliyah Pangkalan Brandan dengan menggunakan metode pembelajaran discovery. Siswa tidak memiliki motivasi untuk belajar. Ini disebabkan oleh model pembelajaran konvensional yang monoton, gaya ceramah guru yang dominan, dan kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Studi ini melibatkan 26 siswa di kelas VIII, terdiri dari 18 perempuan dan 8 laki-laki, menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Hasil tes pra-tindakan menunjukkan bahwa 73,07% siswa belum mencapai ketuntasan minimum, dan hanya 26,92% siswa mencapai ketuntasan belajar. Perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi adalah komponen tindakan siklus I. Metode pembelajaran discovery digunakan untuk mengajar materi adab berpakaian. Hasilnya menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 69,23%, tetapi angka ini masih di bawah target ketuntasan sebesar 75%. Pada siklus II, perbaikan dilakukan berdasarkan refleksi dari siklus I; hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dengan 88,46% siswa mencapai ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata kelas sebesar 87,1. Observasi menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa dan kepercayaan diri mereka dalam mengemukakan pendapat dan menyelesaikan soal evaluasi sendirian.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

wangsa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Wangsa : Journal of Education and Learning is published by the Yayasan Manna Wa Salwa, to help students disseminate the results of their ...