cover
Contact Name
Ahmad Lutfi
Contact Email
ahmad.lutfi659@gmail.com
Phone
+6281215901976
Journal Mail Official
ahmad.lutfi659@gmail.com
Editorial Address
Jalan Raya Padang Panjang - Bukittinggi KM.3 Pincuran Tinggi X Koto Tanah Datar
Location
Kab. tanah datar,
Sumatera barat
INDONESIA
Wangsa : Journal of Education and Learning
ISSN : -     EISSN : 30481058     DOI : -
Core Subject : Education,
Wangsa : Journal of Education and Learning is published by the Yayasan Manna Wa Salwa, to help students disseminate the results of their research
Arjuna Subject : -
Articles 23 Documents
Exploring The Cause And Consequences Of Repeated Fire Outbreaks In Monrovia, Liberia Forkpah, Eric
Wangsa : Journal of Education and Learning Vol 1 No 01 (2024): Education and Learning
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah Manna Wa Salwa Tanah Datar Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Fire outbreaks pose significant threats to communities worldwide, causing loss of life, property damage, and environmental degradation. This paper explores the causes and consequences of repeated fire outbreaks in Monrovia, Liberia, drawing insights from global incidents such as the Grenfell Tower fire in London and the Camp Fire in Paradise, California. By analyzing specific incidents and case studies, the study highlights the multifaceted nature of fire outbreaks, including factors such as human error, electrical faults, and environmental vulnerabilities. It underscores the importance of proactive measures, such as regular inspections, adherence to safety protocols, and strengthening regulations, in mitigating fire risks and enhancing fire safety. Additionally, the paper emphasizes the critical role of community involvement, accessible emergency services, and education in enhancing resilience and mitigating the impact of fire emergencies. The findings underscore the necessity for integrated approaches involving stakeholders at various levels to address fire risks and enhance community resilience.
Meningkatkan Kemampuan Komputasi Siswa Melalui Manipulasi Representasi Nilai phi Ayu Indria Sari, Alfizah; Lutfi, Ahmad
Wangsa : Journal of Education and Learning Vol 1 No 01 (2024): Education and Learning
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah Manna Wa Salwa Tanah Datar Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui peningkatan ketertarikan siswa menyelesaikan soal bangun ruang sisi lengkung yang melibatkan bilangan dan menyelidiki peningkatan kemampuan komputasi siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi lengkung yang melibatkan bilangan . Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK). Langkah-langkah penelitian yang dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Siswa lebih tertarik menggunakan manipulasi representasi nilai phi untuk menyelesaikan soal perbandingan volume atau luas bangun ruang sisi lengkung, sedangkan untuk menghitung valome gabungan antara tabung, kerucut, atau bola mereka kurang tertarik meskipun mereka mengakui cara tersebut membantu mereka dalam melakukan penghitungan. Manipulasi representasi nilai phi mampu meningkatkan kemampuan komputasi siswa Manipulasi representasi nilai phi mampu mempercepat siswa dalam menyelesaikan soal mengenai bangun ruang sisi lengkung.
Pentingnya Pendidikan Ekonomi Syariah di Tengah Masyarakat Alfaruk, Maftuh; Fransrick, Fazar
Wangsa : Journal of Education and Learning Vol 1 No 01 (2024): Education and Learning
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah Manna Wa Salwa Tanah Datar Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan ekonomi syariah di Indonesia juga tidak terlepas dari beberapa faktor pendorong. Secara sederhana, faktor-faktor itu dkelompokkan menjadi faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal adalah penyebab yang datang dari luar negeri, berupa perkembangan ekonomi syariah di negara-negara lain. Kesadaran ini kemudian ’mewabah’ ke negara-negara lain dan akhirnya sampai ke Indonesia. Sedangkan faktor internal adalah kenyataan bahwa Indonesia ditakdirkan menjadi negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia. Fakta ini menimbulkan kesadaran di sebagian cendikiawan dan praktisi ekonomi tentang perlunya suatu ekonomi yang sesuai dengan nilai-nilai Islam dijalankan oleh masyarakat Muslim di Indonesia. Ekonomi Syariah juga dapat menjadi panduan dalam hidup umat islam, ekonomi Syariah juga dapat di gunakan oleh non mulim dengan adanya ekonomi Syariah pemerataan pada masyarakat dapat di lakukan dengan mudah.
Writing in Learning Mathematics and Problem Posing Approach Lutfi, Ahmad; Forkpah, Eric
Wangsa : Journal of Education and Learning Vol 1 No 01 (2024): Education and Learning
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah Manna Wa Salwa Tanah Datar Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Solving math problems through writing not only deepens their understanding of mathematics but also strengthens their communication skills about mathematics and learning vocabulary in mathematics lessons, because writing means they can explain what they have done and why the strategy works. Mathematics learning should provide space and opportunities for children to ask questions, by formulating their own questions from given mathematical situations or related to material in mathematics. This can be accommodated by learning using the Problem Posing approach. This research aims to discuss the relationship between writing in mathematics and the problem posing approach. This type of research is qualitative descriptive research with a literature study method. Data was collected through related journals for study. The research results show that learning activities must be able to develop various students' mathematical abilities. Based on the explanation given, one alternative learning strategy that can develop students' mathematical abilities is the Writing in Learning Mathematics strategy and learning by problem posing.
Refining Professional Development For Science Teachers In Early Childhood Education Forkpah, Eric
Wangsa : Journal of Education and Learning Vol 1 No 01 (2024): Education and Learning
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah Manna Wa Salwa Tanah Datar Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims to address the imperative need for refining professional development opportunities for Teacher in science in early childhood education (ECE)in Bong County, Liberia. Employing a grounded theory approach, the study seeks to unravel the complexities of the current professional development landscape and formulate context-specific strategies to refine the quality of education for young learners. Through qualitative data collection methods, including interviews, focus groups, and observations, the research aims to develop a grounded theory that can inform policy and practice in fostering the continuous growth and effectiveness of ECE educators in the region.Keywords: Fire outbreaks, causes, consequences, Monrovia, Liberia
Peningkatan Pemahaman Konsep Akhlak Mulia Melalui Penerapan Metode Diskusi Kelompok Rizky Ardiansyah, M; Taufiq, Muhammad
Wangsa : Journal of Education and Learning Vol 1 No 02 (2024): Pendidikan Agama Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah Manna Wa Salwa Tanah Datar Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peneliti mengidentifikasi beberapa permasalahan dalam Pemberlajaran yaitu: Rendahnya keterlibatan siswa secara langsung, yang memungkinkan setiap anggota untuk menguji pengetahuan dan pemahaman mereka tentang materi tersebut, Pembelajaran yang terkesan monoton sehingga materi yang ingin disampaikan mengurangi minat siswa untuk berusaha menggalinya 3. Kurangnya kemampuan komunikasi dan kerja sama antar satu siswa dengan siswa yang lainnyaBerdasarkan teori belajar dan media pembelajaran, permasalahan yang terjadi kelas IX SMP Al Falah perlu diselesaikan melalui tindakan guru berupa penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran akidah. Dengan menggunakan metode diskusi memungkinkan dapat membangkitkan rasa ingin tahu siswa lebih jauh terhadap materi pelajaran Di samping itu, metode diskusi digunakan dalam rangka pembelajaran kelompok atau kerja kelompok yang didalamnya melibatkan beberapa orang siswa untuk menyelesaikan pekerjaan, tugas atau permasalahan.Penelitian ini berhasil karena rata-rata nilai tes hasil belajar siswa pada hari akhir di atas nilai KKM, yaitu 65 dan siswa yang mendapat nilai di atas KKM minimal sebanyak 70%. Pada akhir Siklus II diperoleh data: rata-rata hasil belajar siswa 88,9 dan jumlah siswa yang sudah tuntas ada 27 anak 96,43%., dan yang belum tuntas 1 anak (3,57%). Guru hendaknya melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, membantu siswa menggunakan alat peraga. selalu membangkitkan motivasi siswa, memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi walaupun dalam bentuk pujian. Siswa harus selalu semangat untuk belajar. jangan takut belajar Akidah karena mempelajari tersebut mudah di fahami dan menjadi tuntutan sebagai umat muslim, harus aktif dalam mengikuti pembelajaran.
Peningkatan Hasil Belajar Melalui Metode Examples Non Examples Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Muhammad Al Fikri Ananda
Wangsa : Journal of Education and Learning Vol 1 No 02 (2024): Pendidikan Agama Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah Manna Wa Salwa Tanah Datar Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode contoh tidak contoh dalam pembelajaran Al Qur'an dan Hadits, serta masalah dan solusinya. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif dan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Namun, analisis data dilakukan dalam tiga tahap, yaitu pengurangan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode contoh tidak contoh digunakan di kelas IV MIS TPI Sei Bamban. 1) Guru membuat gambar yang berkaitan dengan materi, 2) memberikan penjelasan tentang materi tersebut, 3) menunjukkan gambar kepada siswa, 4) memperkenalkan bangun ruang menggunakan gambar dan membandingkannya dengan gambar bangun datar, dan 5) melakukan evaluasi. Metode contoh non-contoh di MIS TPI Sei Bamban menghadapi kendala karena membutuhkan banyak waktu dan tidak semua meateri dapat menggunakan gambar. Guru berusaha mengatasi masalah ini dengan menambah waktu pembelajaran, menggunakan waktu kosong, dan mengubah pendekatan pembelajaran.
Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Hadist Untuk Meningkat Kan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Khairunnisa, Khairunnisa; Dewi, Ratika
Wangsa : Journal of Education and Learning Vol 1 No 02 (2024): Pendidikan Agama Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah Manna Wa Salwa Tanah Datar Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kurikulum 2013 yang menggunakan penelitian dimulai secara resmi di semua sekolah, termasuk lingkungan pendidikan dasar dan menengah, pada tahun 2014. Metode ilmiah berpusat pada belajar. Pendekatan pembelajaran saintifik memungkinkan siswa mengeksplorasi dan mengembangkan materi yang akan dipelajari. Hal ini juga memungkinkan mereka untuk menggunakan kemampuan atau bakatnya melalui kegiatan pembelajaran yang telah direncanakan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan penerapan ilmu pengetahuan dalam subjek Hadis serta penerapan dalam proses evaluasi. Ini adalah jenis penelitian di lapangan. Fokus penelitian ini adalah guru hadis dan perwakilan siswa kelas VII. Metode observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Analisis dilakukan secara kualitatif dan deskriptif melalui penarikan kesimpulan, reduksi data, dan penyajian data. Hasil menunjukkan bahwa selama proses persiapan, guru membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengacu pada kurikulum ISMUBA, mencari literatur melalui buku dan internet, dan mempersiapkan diri untuk media belajar. Proses mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan berkomunikasi telah diterapkan atau dilaksanakan dalam pembelajaran oleh instruktur secara penuh dan konsisten. Setelah melakukan evaluasi implementasi pembelajaran, diketahui bahwa siswa belum siap untuk belajar dan tidak terlalu berpartisipasi dalam mengajukan pertanyaan. Selain itu, beberapa siswa tidak dapat membaca Al-Qur'an, sehingga menghalangi mereka untuk berpartisipasi dalam diskusi, terutama tentang topik Hadits.
Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa Rizky Ramadyanti, Putri; Ayu Azhari, Rika
Wangsa : Journal of Education and Learning Vol 1 No 02 (2024): Pendidikan Agama Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah Manna Wa Salwa Tanah Datar Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam rendah karena pendidik masih menggunakan metode yang membuat peserta didik jenuh, seperti ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Akibatnya, peserta didik jenuh dan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam rendah. Oleh karena itu, model pembelajaran harus berubah dan menarik perhatian peserta didik. Dalam bidang ilmu pengetahuan Islam, pelajaran tentang sejarah kebudayaan Islam merupakan topik yang sangat penting. Dalam penelitian ini, model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) akan digunakan. Model ini akan disesuaikan dengan gaya berpikir, kecerdasan ganda, dan kreatifitas peserta. untuk mengeksplorasi bakat, potensi, kecerdikan, dan kekreatifan seseorang siswa. Dunia pendidikan membutuhkan banyak model pembelajaran. Salah satunya adalah model pembelajaran yang diterapkan guru pada siswa. Saat ini, kita melihat banyak siswa yang hanya mempelajari tentang materi kontekstual. Peserta didik hanya mementingkan nilai kognitif yang positif tanpa mempengaruhi sikap belajar mereka. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Turnamen Tim (TGT) mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas VIII MTs Sinar Islami Bingai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Siswa di kelas VII MTS Sinar Islami Bingai adalah subjek penelitian ini. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas VIII MTs Sinar Islami Bingai telah meningkat, naik dari 45% pada siklus 1 menjadi 88,6% pada siklus 2. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran Turnamen Pertandingan Tim (TGT) memiliki dampak pada hasil belajar siswa.
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Inquiry Based Learning Damayanti, Riski; Salsabila, Salsabila
Wangsa : Journal of Education and Learning Vol 1 No 02 (2024): Pendidikan Agama Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah Manna Wa Salwa Tanah Datar Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas X MAS Al Washliyah P. Berandan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis pertanyaan pada mata pelajaran PAI. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dua siklus (perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi) digunakan. Penelitian dilakukan di MAS Al Washliyah P. Berandan dan dimulai pada bulan Mei 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis pertanyaan berhasil meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Ini terbukti dengan peningkatan rata-rata skor observasi aktivitas berpikir kritis dan nilai tes siswa dari siklus I ke siklus II. Penggunaan metode ini membuat siswa lebih terlibat dan kritis dalam proses pembelajaran, yang memungkinkan mereka untuk secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis mereka.

Page 1 of 3 | Total Record : 23