Bakoba: Journal of Social Science Education
Vol. 3 No. 2 (2023): BAKOBA : Jurnal social scient education

PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 4 RAMBAH

Cania gifri (Unknown)
welven aida (Unknown)
ike betria (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2024

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah adanya hasil belajar IPS siswa yang rendah dibawah nilai KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar IPS peserta didik di SMP Negeri 4 Rambah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linier sederhana. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 4 Rambah yang berjumlah 60 siswa. Sampel penelitian menggunakan teknik total sampling artinya teknik pengambilan sampel keseluruhan jumlah populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan sigifikan antara lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa IPS siswa di SMPN 4 Rambah dibuktikan dengan hasil uji hipotesis thitung = 4,728 > ttabel = 2,001 pada tingkat keyakinan 95%. Besarnya kontribusi lingkungan sekolah terhadap hasil belajar sebesar 27,8%, sedangkan selebihnya 72,2% dipengaruhi olehh variable lain yang tidak menjadi pembahasan penelitian ini seperti motivasi belajar, disiplin belajar, kompetensi guru, minat belajar, pemahaman materi, dan intelegensi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bakoba

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal BAKOBA diterbitkan dengan maksud untuk mengumpulkan karya ilmiah dari hasil penelitian dan/atau yang setara dengan hasil penelitian dalam bidang kependidikan dan mempublikasikan karya ilmiah tersebut. BAKOBA terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Isi artikel yang dimuat ...