Penelitian ini bermaksud untuk memperoleh representasi peran orang tua dalam mengoptimalkan keterampilan membaca pada anak usia dini di Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan. Metode penelitian yang dipakai adalah survey deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah orang tua yang menyekolahkan anak di TK-B se-Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan dengan jumlah sampel 234 orang tua. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan memakai teknik Simple Random Sampling. Instrumen yang dipakai dalam pengumpulan data yaitu kuesioner peran orang tua yang dikembangkan oleh peneliti. Hasil penelitian membuktikan bahwa Peran orang tua dalam mengoptimalkan keterampilan membaca pada anak usia dini mayoritas berada pada kategori sedang dilihat dari segi 1) Status peran orang tua dalam mengoptimalkan keterampilan membaca anak usia dini; 2) Latar belakang mengenai kemampuan orang tua dalam mengoptimalkan keterampilan membaca anak usia dini; 3) Upaya yang dilakukan orang tua dalam mengoptimalkan keterampilan membaca anak usia dini dan; 4) Kendala yang dirasakan orang tua dalam mengoptimalkan keterampilan membaca anak usia dini.
Copyrights © 2023