Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science
Vol 4 No 3 (2022): Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MELALUI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 35 KOTA MAKASSAR

Feri Firmansyah (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bosowa, Jl. Urip Sumaharjo KM.4, Gedung. 2 Lt. 5, Makassar-Sulawesi Selatan 90231, Indonesia.)
Sundari Hamid (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bosowa, Jl. Urip Sumaharjo KM.4, Gedung. 2 Lt. 5, Makassar-Sulawesi Selatan 90231, Indonesia.)
St. Muriati St. Muriati (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bosowa, Jl. Urip Sumaharjo KM.4, Gedung. 2 Lt. 5, Makassar-Sulawesi Selatan 90231, Indonesia.)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 35 Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen yang melibatkan dua kelompok dimana salah satu berperan sebagai kelompok eksperimen dan yang lain sebagai kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 35 Kota Makassar Tahun Pelajaran 2020/2021, dan dipilih dua kelas sebagai sampel penelitian secara purposive sampling. Kelas yang dipilih sebagai sampel penelitian adalah kelas VII.1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII.2 sebagai kelompok kontrol. Data penelitian dikumpulkan dengan lembar observasi dan dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif serta tes hasil belajar sebelum dan sesudah pembelajaran dan dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa nilai signifikansi hasil belajar lebih kecil dari 0,05 (α <0,05). Sehingga berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji paired sample t-test diperoleh thitung lebih besar dari ttable (19,121 > 2,055), dengan taraf signifikan kurang dari 5% (0,000 < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 35 Kota Makassar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

klasikal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science [p-ISSN 2656-9914| e-ISSN 2656-8772] publishes a scientific paper on the results of the study and review of the literature in the sphere of education, language teaching and science in primary education, secondary education and higher ...