Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 35 Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen yang melibatkan dua kelompok dimana salah satu berperan sebagai kelompok eksperimen dan yang lain sebagai kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 35 Kota Makassar Tahun Pelajaran 2020/2021, dan dipilih dua kelas sebagai sampel penelitian secara purposive sampling. Kelas yang dipilih sebagai sampel penelitian adalah kelas VII.1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII.2 sebagai kelompok kontrol. Data penelitian dikumpulkan dengan lembar observasi dan dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif serta tes hasil belajar sebelum dan sesudah pembelajaran dan dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa nilai signifikansi hasil belajar lebih kecil dari 0,05 (α <0,05). Sehingga berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji paired sample t-test diperoleh thitung lebih besar dari ttable (19,121 > 2,055), dengan taraf signifikan kurang dari 5% (0,000 < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 35 Kota Makassar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022