Buku ajar merupakan hal yang semestinya disusun oleh masing-masing guru. Namun kenyataan di lapangan, banyak guru yang hanya mengandalkan bahan ajar dari buku ajar yang telah disediakan Artikel ini mendeskripsikan pengabdian yang bertujuan untuk memperkuat kompetensi profesional guru PAI melalui pelatihan penulisan buku ajar. Latar belakang dari kegiatan pelatihan ini adalah banyak guru yang hanya mengandalkan bahan ajar dari buku ajar yang telah disediakan, padahal semestinya guru menyusun buku ajarnnya sendiri. Metode yang digunakan dalam kegiatan pelatihan ini adalah PAR (participatory action research), dimana penulis secara aktif ikut mendampingi kegiatan pelatihan buku ajar. Peserta dari kegiatan pelatihan penulisan buku ajar ini adalah 25 guru PAI di berbagai kota/kabupaten di sekitar kota Salatiga. Kegiatan pelatihan penulisan buku ajar ini dilaksanakan selama tiga hari, mendatangkan dua narasumber, menambah wawasan, pengetahuan, serta keterapmilan dalam menulis buku ajar, dengan outcome draft buku ajar yang diharapkan kedepannya bisa diterbitkan.
Copyrights © 2024