Jurnal Audiens
Vol. 5 No. 2 (2024): June

Pengaruh Motif Penggunaan Media Terhadap Kepuasan Pengguna (Survei Pada Pengakses Akun Instagram @ussfeed)

Adam Kusumo Aji (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Prihatin Dwihantoro (Universitas Muhammadiyah Magelang)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Motif penggunaan media sosial dan kepuasaan pengguna media sosial merupakan satu hal yang berkaitan. Penelitian ini, bertujuan untuk membahas tentang pengaruh motif penggunaan media sosial instagram @ussfeed terhadap kepuasan pengakses akun. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Uses and Gratifications. Penulis menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data melalui kuisioner kepada pengguna instagram yang pernah mengakses atau mencari konten pada akun instagram @ussfeed. Rumus ‘Lemeshow’ digunakan untuk menentukan ukuran sample dengan margin of error sebesar 10% dari 100 responden. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa penggunaan media berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna akun instagram @ussfeed. Hasil ini menegaskan bahwa pengguna Instagram @ussfeed cenderung mencari dan menggunakan akun @ussfeed untuk mendapatkan informasi yang relevan, baik tentang peristiwa dan kondisi lingkungan sekitar, maupun informasi yang berkaitan dengan keadaan dunia. Dominasi motif informasi dalam mempengaruhi kepuasan pengguna menunjukkan bahwa konten yang disajikan oleh @ussfeed telah memenuhi kepuasan pengakses akun tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ja

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Audiens focuses on issues of media review, whether print, electronic, film, social media and new media and various on communication including: 1. Advertising, Public Relations, and Broadcasting 2. Social Media, New Media, Information Communication and Technology 3. Health Communications, ...