Dialektika: Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
Vol 9 No 1 (2024): Dialektika : Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial

Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Pariwisata Malino di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan

Permatasari, Yulia (Unknown)
Sultan, M. Iqbal (Unknown)
Akbar, Muhammad (Unknown)
Amir, Andi Subhan (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

ABSTRAK Pesatnya persaingan di era digitalisasi membawa banyak perubahan dalam sektor industri, salah satunya adalah industri pariwisata. Hal tersebut menuntut industri pariwisata untuk terus melakukan berbagai inovasi, termasuk berinovasi dalam penerapan strategi pemasaran yang tepat agar mampu beradaptasi dan bersaing dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa strategi komunikasi pemasaran digital yang digunakan dalam mempromosikan destinasi wisata malino melalui pemanfaatan Instagram. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam terhadap pihak terkait (staf dinas pariwisata, admin instagram Malino Kota Bunga, endorser), observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran destinasi wisata malino, dengan menggunakan sistem endorsment, sale promotion, brand building, competitor review  dan konsisten berinteraksi dengan para followers terbukti efektif dalam peningkatan kunjungan wisatawan ke Malino.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dialektika

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Dialektika adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Islam Raden Rahmat Malang. Jurnal ini memiliki spesifikasi sebagai media untuk mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian dan pemikiran konseptual yang berkaitan dengan bidang Ekonomi dan Ilmu Sosial. ...