EDUCATIA JURNAL PENDIDIKAN DAN AGAMA ISLAM
Vol. 12 No. 1 (2022): Juni

Upaya Pemberian Imla’ Yaumiy terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Bahasa Arab Santri Pondok Pesantren Modern Babussalam

Zamzam Mustofa (Unknown)
Mahmud Mifta Hurridho (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2023

Abstract

Pengadaan Imla’ Yaumiy pada santri Pondok Pesantren Modern Babussalam sangat berpengaruh terhadap keseharian mereka dalam menggunakan Bahasa Arab. Terlepas dari latar belakang santri yang mungkin sebagian dari mereka sama sekali belum pernah mendapatkan sekilas pengetahuan tentang dasar pembelajaran Bahasa Arab, maka dengan adanya kegiatan ini para santri dituntut untuk terus berproses dalam pembelajaran Bahasa Arab. Kegiatan ini apabila dilaksanakan dengan perhatian dan keseriusan yang maksimal maka secara disengaja atau tidak disengaja akan merangsang terbentuknya keterampilan keterampilan berbahasa arab yang ada dalam diri para santri, diantaranya adalah keterampilan menulis dan juga keterampilan membaca serta keterampilan yang lainnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berfokus pada pengamatan yang mendalam. Jenis metode yang peneliti gunakan adalah pengamatan terhadap suatu kegiatan pembelajaran Bahasa Arab lebih tepatnya adalah kegiatan Imla’ Yaumiy yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Modern Babussalam Madiun. Adapun hasil dari pengamatan ini adalah bahwasanya Imla’ Yaumiy ini adalah suatu kegiatan yang sangat besar pengaruhnya terhadap kompetensi santri dalam proses pembelajaran Bahasa Arab mereka itu sendiri, mulai dari perkembangan cara penulisan materi berbahasa Arab hingga penggunaannya dalam berdialog berbahasa Arab di keseharian mereka.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Educatia merupakan Jurnal Penelitian di bidang Pendidikan Islam, yang berfokus pada penelitian pendidika dan agama islam diterbitkan enam bulan sekali oleh STAI Yogyakarta sebagai media komunikasi intelektual peneliti, dosen, guru, pengajar serta mahasiswa pada khususnya dan kaum intelektual pada ...