Pelaksanaan penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SD Inpres Dhereisa dimana siswa-siswi mengalami kesulitan numerasi dalam menyelesaikan soal matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan numerasi siswa kelas V SD Inpres Dhereisa dalam menyelesaikan soal matematika. Untuk mencapai tujuan penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dan teknik pengambilan data siswa kelas V yang menyelesaikan soal matematika melalui tes dan observasi langsung. Data penelitian diperoleh di SD Inpres Dhereisa kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 21 yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Hasil penelitian kemampuan numerasi siswa kelas V dalam menyelesaikan soal matematika menunjukan rata-rata persentase siswa yang menjawab benar 59% dan 41% siswa yang menjawab salah dari 20 butir soal matematika. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan numerasi siswa kelas V SD Inpres Dhereisa dalam menyelesaikan soal matematika dapat dikategorikan rendah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024