Mosaic: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 1 No. 2 (2024): August 2024

Pembinaan Kelompok Belajar Kosakata Bahasa Arab Pada Anak-Anak di Dusun Baru Desa Palangka

Fitra Sriyulita (Universitas Islam Ahmad Dahlan)
Harmilawati Harmilawati (Universitas Islam Ahmad Dahlan)
Takdir Takdir (Universitas Islam Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini berfokus pada pembinaan kelompok belajar kosakata bahasa Arab pada anak-anak di Dusun Baru Desa Palangka Kecamatan Sinjai Selatan. Hal tersebut berfokus pada pembelajaran dasar-dasar bahasa Arab melalui pemberian kosakata. Adapun tujuan pengabdian ini untuk memperkenalkan bahasa asing pada anak-anak yang sebelumnya belum pernah tersentuh dengan pembelajaran bahasa Arab, memperbaiki keterampilan pengucapan dan menciptakan lingkungan belajar yang positif. Karena di Desa ini tidak didapatkan sekolah MI, MTs dan MA/MAN. Pengabdian ini menggunakan metode Participation Action Research (PAR). Pengabdian dalam bentuk pembinaan kelompok belajar kosakata bahasa Arab di Dusun Baru Desa Palangka ini berjalan sukses. Program ini memberikan dampak positif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bahasa Arab anak-anak. Partisipasi aktif dan dukungan dari berbagai pihak menjadi kunci keberhasilan program ini. Melalui metode PAR, kegiatan pengabdian dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien, memberikan manfaat besar bagi anak-anak di desa tersebut. Keberhasilan ini menunjukkan bahwa dengan pendekatan yang tepat dan dukungan komunitas, pembelajaran bahasa Arab dapat diperkenalkan secara efektif meskipun dalam lingkungan yang terbatas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Mosaic

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

The journal publishes research articles on various educational innovations of interest and impact on educational development. The journal publishes articles with interdisciplinary content and cross-cutting dimensions relating to education from various cultural perspectives. The journal covers, but ...