Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bisnis yang dapat diterapkan oleh CV JRM Production, sebuah perusahaan percetakan buku. Dengan pertumbuhan industri penerbitan yang terus berkembang, perusahaan perlu mengadopsi strategi yang tepat untuk memastikan keberlanjutan dan keberhasilan bisnisnya. Strategi bisnis meliputi analisis Strength, Weakness, Opportunity, Threat (SWOT). Setelah menganalisa SWOT, kemudian dilakukan analisa selanjutnya dengan menggunakan metode IFE (Internal Factor Evluation) dan EFE (External Factor Evaluation). Langkah terakhir yaitu menggunakan matrik SWOT. Dari hasil matrik SWOT, menunjukkan bahwa bobot nilai kombinasi strategi terbesar adalah SO, sehingga strategi yang perlu diprioritaskan oleh perusahaan adalah strategi kombinasi antara kekuatan dari perusahaan dan peluang pasar. Sedangkan hasil metode IFE dan EFE adalah implikasi strategi yang dilakukan oleh kegiatan usaha yang berasa pada tahap ini diantaranya adalah backward atau forward integration, market penetration, market development, dan product development.
Copyrights © 2024