Jurnal Ekonomi Trisakti
Vol. 4 No. 2 (2024): Oktober

ANALISIS STRATEGI BISNIS PERCETAKAN BUKU CV JRM PRODUCTION

Nur Intan Rahmawati (Unknown)
Mila Cahya Karmelia (Unknown)
Khoirunisa (Unknown)
Survia, Desty (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bisnis yang dapat diterapkan oleh CV JRM Production, sebuah perusahaan percetakan buku. Dengan pertumbuhan industri penerbitan yang terus berkembang, perusahaan perlu mengadopsi strategi yang tepat untuk memastikan keberlanjutan dan keberhasilan bisnisnya. Strategi bisnis meliputi analisis Strength, Weakness, Opportunity, Threat (SWOT). Setelah menganalisa SWOT, kemudian dilakukan analisa selanjutnya dengan menggunakan metode IFE (Internal Factor Evluation) dan EFE (External Factor Evaluation). Langkah terakhir yaitu menggunakan matrik SWOT. Dari hasil matrik SWOT, menunjukkan bahwa bobot nilai kombinasi strategi terbesar adalah SO, sehingga strategi yang perlu diprioritaskan oleh perusahaan adalah strategi kombinasi antara kekuatan dari perusahaan dan peluang pasar. Sedangkan hasil metode IFE dan EFE adalah implikasi strategi yang dilakukan oleh kegiatan usaha yang berasa pada tahap ini diantaranya adalah backward atau forward integration, market penetration, market development, dan product development.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jet

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi Trisakti (JET) has been published by Lembaga Penerbit Fakultas EKonomi dan Bisnis (LPFEB). JET is a journal for publication of undergraduate (S1) and Applied (D4) students, students of the Faculty of Economics and Business (FEB) as well as students outside of FEB and General Affairs. ...