Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan inovasi pembelajaran melalui video pembelajaran pada mahasiswa slow learning pada mahasiswa Pendidikan Non Formal Universitas Muhammadiyah Bulukumba. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, subjek yang diambil adalah mahasiswa prodi PNF yang berkategori Slow learning (SL). Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penerapan inovasi pembelajaran melalui video pembelajaran sangat membantu mahasiswa SL dalam proses menerima materi pembelajaran, dengan adanya video pembelajaran ini mahasiswa SL dapat mengulang materi yang telah diberikan dengan mendownload materi yang diakses melalui spada PNF UM Bulukumba. Selain itu dengan adanya inovasi pemebelajaran ini proses belajar mengajar dapat dilaksanakan dimanapun, sehingga dapat meningkatkan pemahaman materi terhadap mahasiswa SL.
Copyrights © 2024