Jurnal Eduscience (JES)
Vol 11, No 2 (2024): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Nigeria, Korea, and Indonesia)

ANALYSIS OF LEARNING INTEREST ON BIOLOGY LEARNING OUTCOMES ON EXCRETORY SYSTEM MATERIAL IN SENIOR HIGH SCHOOL

Sirait, Diana Khairiyah (Unknown)
Harahap, Hasmi Syahputra (Unknown)
Machrizal, Rusdi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar biologi pada materi sistem ekskresi kelas XI SMA Negeri 2 Rantau Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan ex-post facto dengan sampel penelitian sebanyak 64 murid yang di tentukan secara Cluster Random Sampling dengan rumus Taro Yamane. Instrumen penelitian menggunakan angket minat belajar dengan jumlah 25 pernyataan. Teknik analisis yang di gunakan dengan cara menghitung hasil angket berdasarkan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perolehan hasil nilai rata-rata minat belajar siswa kelas XI IPA sebesar 77,4%-89,4% menunjukkan minat belajar berkategori baik sampai sangat baik (2) Terdapat perolehan nilai indikator minat belajar yang signifikan di setiap kelas XI Ipa dengan nilai sebesar 74%-98% kategori baik sampai sangat baik. (3) perolehan minat belajar berdasarkan gender nilai siswi perempuan 84% > nilai siswa laki-laki 78%. Harapan ke depannya penelitian ini dapat menjadi bahan evaluasi solusi untuk lebih meningkatkan minat belajar siswa, diharapkan orang tua dan kepada guru untuk senantiasa berupaya memberikan pengawasan belajar baik di rumah maupun disekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

eduscience

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Eduscience is a peer-reviewed journal that is published by LPPM of Labuhanbatu University. This journal publishes biannually in June and December. This Journal publishes current original research on education studies using an interdisciplinary perspective, especially within Mathematic ...