Jurnal Eduscience (JES)
Vol 11, No 2 (2024): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Nigeria, Korea, and Indonesia)

THE EFFECT OF SELF-REGULATION ON LEARNING ACTIVENESS IN ACCOUNTING EDUCATION STUDENTS AT MAKASSAR STATE UNIVERSITY

Maghfirah, Nurul Safitri (Unknown)
Sahade, Sahade (Unknown)
Rijal, Abdul (Unknown)
Azis, Fajriani (Unknown)
Nuraisyiah, Nuraisyiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh regulasi diri mahasiswa terhadap keaktifan belajar pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah regulasi diri (X) dan keaktifan belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Makassar angkatan 2018-2021 yang terdiri dari 397 mahasiswa, sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling dengan sampel sebanyak 80 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif persentase, uji instrumen dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, regulasi diri dan keaktifan belajar mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Makassar termasuk dalam kategori tinggi, dengan persentase regulasi diri sebesar 78,1% dan 76,4% untuk keaktifan belajar. Dari hasil analisis regresi linear diperoleh model persamaan Y = 41,713 + 0,502X yang berarti variabel regulasi diri memiliki pengaruh positif terhadap keaktifan belajar. Dari hasil koefisien determinasi (r2) 0,124 atau 12,4%. Hal ini berarti bahwa pengaruh regulasi diri terhadap keaktifan belajar adalah sebesar 12,4% sedangkan sisanya 87,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Dari hasil analisis uji-t, regulasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap keaktifan belajar dengan nilai signifikan 0,001<0,05, hal ini berarti bahwa regulasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap keaktifan belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

eduscience

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Eduscience is a peer-reviewed journal that is published by LPPM of Labuhanbatu University. This journal publishes biannually in June and December. This Journal publishes current original research on education studies using an interdisciplinary perspective, especially within Mathematic ...