Atma Reksa : Jurnal Pastoral dan Kataketik
Vol 8 No 2 (2024): Atma Reksa: Jurnal Pastoral dan Kateketik

Media Digital Sebagai Sarana Katekese Zaman Ini

F. Christa Natalia (STP -IPI Malang)
Emmeria Tarihoran (STP-IPI Malang)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2024

Abstract

Artikel ini membahas peran penting yang dimainkan oleh media digital dalam menyampaikan katekese (pengajaran agama) pada era modern ini. Dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, media digital telah menjadi sarana yang efektif dalam mentransmisikan pesan-pesan keagamaan kepada masyarakat yang semakin terhubung secara digital. Melalui analisis literatur, artikel ini menjelaskan bagaimana media digital, termasuk situs web, aplikasi seluler, media sosial, dan platform video, telah mengubah cara pengajaran agama dilakukan. Artikel ini juga membahas beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh media digital dalam konteks katekese, seperti aksesibilitas yang lebih luas, interaktivitas, fleksibilitas, dan kemampuan untuk menjangkau berbagai kelompok usia dan latar belakang. Namun demikian, terdapat juga tantangan yang perlu diatasi, seperti masalah keaslian informasi, penyalahgunaan media, dan kurangnya pengawasan dalam konten yang disampaikan. Melalui tinjauan ini, artikel ini menggarisbawahi pentingnya penggunaan media digital yang bijaksana dalam upaya menyampaikan katekese pada masa kini. Penelitian lebih lanjut dan upaya kolaboratif antara gereja, akademisi, dan praktisi media diperlukan untuk mengoptimalkan potensi media digital dalam mendukung pengajaran agama yang relevan dan bermakna bagi masyarakat modern.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jar

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Atma Reksa Jurnal Pastoral dan Kateketik adalah jurnal ilmiah yang mempublikasikan artikel orisinal mengenai pengetahuan, penelitian, dan pengembangan di bidang pastoral, kateketik, pendidkan, agama dan budaya.  Redaksi Jurnal Atma Reksa menerima artikel ilmiah dari para peneliti, akademisi, agen ...