Sungai Medang Pulang memiliki nilai potensial bagi masyarakat Kecamatan Hulu Gurung sebagai sumber air bersih, irigasi dan lainnya. Sungai ini memiliki permasalahan sedimentasi dan pendangkalan dasar sungai yang berdampak pada kualitas air dan mengurangi daya tampung sungai. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik sedimen dan laju angkutan sedimen total pada hulu sungai. Data yang digunakan berupa data hidrometri sungai dan sampel sedimen. Karakteristik sedimen memiliki gradasi butir D35 berkisar 0,03 "“ 0,05 mm, D50 berkisar 0,07 "“ 0,092 mm dan D90 berkisar 0,29 "“ 0,37 mm dan berat jenis sedimen diantara 2,40 "“ 2,65 ton/m3. Analisis laju angkutan sedimen menggunakan metode sesaat, L.C Van Rijn, Meyer Petter Muller, Einstein, dan Duboys. Dari keempat metode tersebut L. C. Van Rijn dipilih sebagai metode analisis laju angkutan sedimen karena memenuhi syarat dimana gradasi D90 berkisar 0,29 "“ 0,37 mm. Laju angkutan sedimen total tertinggi pada kondisi cuaca cerah di penampang 1 sebesar 0,48 ton/hari dan laju angkutan terendah di penampang 2 sebesar 0,000068 ton/hari sedangkan kondisi cuaca hujan total laju angkutan sedimen tertinggi di penampang 3 sebesar 0,27 ton/hari dan laju angkutan terendah di penampang 4 sebesar 0,02 ton/hari. Faktor yang mempengaruhi laju angkutan sedimen yaitu kedalaman penampang sungai, kecepatan jatuh partikel dan kecepatan geser dasar.
Copyrights © 2023