Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran e-modul panduan Plickers dalam menunjang evaluasi hasil belajar online yang dapat digunakan oleh guru dan siswa SD dalam pelaksanaan penilaian berbasis teknologi di masa pandemi COVID-19. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul panduan Plickers berhasil dikembangkan melalui analisis data produk dan sangat layak digunakan dalam menunjang pelaksanaan evaluasi berbasis teknologi. Penilaian oleh ahli materi dengan persentase rata-rata 87,08% dan ahli media dengan persentase rata-rata 90,72%. Analisis kemenarikan oleh guru dengan skor kualitas rata - rata 4,42 dan siswa dengan skor kualitas rata - rata 4,33. Hasil analisis keterlaksanaan penggunaan modul panduan Plickers oleh guru sebesar 81,25% sedangkan oleh siswa sebesar 83,75% menunjukkan bahwa penggunaan elektronik modul panduan aplikasi Plickers berbasis android dapat terlaksana dan berperan penting sebagai penunjang dalam kegiatan evaluasi pembelajaran di masa pandemi. Saran penelitian ini yaitu sekolah dapat mengupayakan pelaksanaan evaluasi berbasis IT dengan optimal menggunakan platform Plickers sebagai penunjang evaluasi di sekolah, sehingga guru mampu memahami kebutuhan siswa dan siswa dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.
Copyrights © 2024