Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan sasaran bahasa pelesetan sebagai olok-olokan dalam roasting Kiki Saputri di YouTube Channel. Penelitian berjenis kualitatif ini bersumber data dari roasting Kiki Saputri di YouTube Channel. Data berupa bahasa pelesetan dalam roasting tersebut. Data divalidasi dengan triangulasi sumber. Sampel penelitian ditentukan secara purposive sampling. Dalam penelitian ini dimanfaatkan metode agih dan metode padan untuk analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahasa pelesetan sebagai olok-olokan ditujukan kepada: crazy rich, artis, gubernur, politikus, menteri, dan anggota DPR. Pelesetan sebagai olok-olokan kepada crazy rich paling dominan ditemukan karena terdapat kedekatan emosional antara Kiki Saputri dengan para crazy rich. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai dasar bagi peneliti lain saat meneliti hal serupa; memberi wawasan kepada khalayak luas akan adanya wujud kreativitas bahasa berupa bahasa pelesetan, dan memotivasi pengguna pelesetan agar dapat menggunakan bahasa pelesetan dengan lebih baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024