Biologiei Educația: Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 4 No 1 (2024): BIOLOGIEI EDUCAȚIA JOURNAL

ANALISIS DAYA DUKUNG LABORATORIUM PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BANYUWANGI

Rani Wulan Novia Novia (MA Al Anwari)
Ifa Muhimmatin Muhimmatin (Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2024

Abstract

Laboratorium merupakan salah satu prasarana pembelajaran untuk melatih peserta didik memahami konsep dan percobaan ilmiah. Laboratorium merupakan sarana penting untuk pembelajaran biologi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui daya dukung laboratorium biologi di MAN 1 Banyuwangi untuk kegiatan praktikum biologi. Penelitian ini dilakukan dengan empat metode yaitu observasi, wawancara, angket serta dokumentasi. Daya dukung laboratorium yang diteliti meliputi struktur organisasi, kelengkapan sarana dan prasarana, sistem administrasi, serta tata tertib dan keselamatan kerja di laboratorium. Validasi data menggunakan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelengkapan alat dan bahan laboratorium memiliki presentase sebesar 67,81% dengan kategori cukup siap. Laboratorium biologi MAN 1 Banyuwangi memiliki gedung yang memadai, mempunyai alat dan bahan yang terawat, serta struktur organisasi yang jelas. Namun, laboratorium biologi MAN 1 Banyuwangi mempunyai kekurangan yang perlu ditingkatkan, yaitu tentang sistem administrasi laboratorium dan kelengkapan keselamatan kerja. Berdasarkan hasil tersebut, laboratorium biologi perlu adanya perhatian yang lebih lanjut agar dapat ditingkatkan menjadi lebih baik sehingga pembelajaran biologi dapat tercapai dengan maksimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bioeducatiajournal

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Environmental Science

Description

Biologiei Educația: jurnal pendidikan biologi merupakan jurnal yang menyediakan platform untuk publikasi penelitian ilmiah di bidang keilmuan biologi dan bidang pendidikan biologi. Artikel mewakili berbagai perspektif teoretis dan pendekatan metodologis yang berbeda. Kriteria utama dalam peninjauan ...