Golden Age and Inclusive Education
Vol. 1 No. 2 (2024): Golden Age and Inclusive Education

PELAKSANAAN METODE ASSESMEN BERBASIS PORTOFOLIO DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MI KH ABU MANSUR

Fainusah Mawaddah, Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pelaksanaan metode asesmen berbasis portofolio dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MI KH Abu Mansur Surabaya. Dengan latar belakang perkembangan era digital dan karakteristik generasi Alpha yang cenderung mandiri, kreatif, dan inovatif, penelitian ini menjadi penting untuk menemukan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus kualitatif, meliputi observasi, wawancara, dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan metode asesmen berbasis portofolio mempunyai dampak positif yang signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Ditemukan peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran, kesadaran dan tanggung jawab siswa, lingkungan belajar yang kondusif, serta fasilitasi pembelajaran berpusat pada siswa. Selain itu, metode ini sesuai dengan karakteristik generasi Alpha, membantu mereka mengembangkan keterampilan penting dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam konteks pengembangan pendidikan di era digital, dengan menawarkan alternatif efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

galon

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Golden Age and Inclusive Education (E-ISSN: 3047-2016), published twice a year in April and October, focuses on information that will improve the lives of young children in early childhood and with special needs and their families. The practical nature of this journal helps professionals improve ...