BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 1 (2024)

KKN: Bimbingan Belajar Partisipatif untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa MI di Desa Wonomlati Sidoarjo

Moesarofah (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Ita Alfia Masruroh (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Surabaya, Indonesia)
Vinny Indahyani (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Surabaya, Indonesia)
Yuli Nur Laili (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Surabaya, Indonesia)
Wanda Rofidatul Aisy (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Surabaya, Indonesia)
Anita Inayatul Mahmunah (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Surabaya, Indonesia)
Aisya Farikhatul Jannah (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Surabaya, Indonesia)
Yuliyanti Puspita Dewi (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2024

Abstract

Kegiatan KKN Unipa Surabaya semester genap tahun 2022 dilaksanakan di Desa Wonomlati Kabupaten Sidoarjo. Inisiatif pemberian layanan bimbingan belajar ini muncul setelah tim mahasiswa melakukan orientasi di sekolah, dan mendapat kesan bahwa siswa MI memiliki minat belajar yang rendah, yang ditunjukkan dengan perilaku tidak antusias belajar, dan kurang memperhatikan ketika pelajaran. guru menjelaskan. Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka tujuan “Program Pendidikan” KKN difokuskan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui pendekatan partisipatif. Kegiatan dilaksanakan di balai desa dengan sasaran siswa MI Wachid Hasyim kelas 2 – 6 yang berjumlah 30 siswa, sedangkan jumlah tutor dalam setiap bimbingan belajar adalah 10 orang mahasiswa. Waktu pelaksanaannya tiga kali seminggu yaitu Senin, Rabu, dan Kamis. Durasi bimbingan adalah tiga minggu. Teknis pelaksanaannya dilakukan dalam kelompok kecil sesuai tingkat kelas yang terdiri dari 3-4 siswa. Hasil kegiatan secara keseluruhan menunjukkan nilai post-test setiap indikator mengalami peningkatan setelah diberikan bimbingan. Artinya bimbingan belajar melalui pendekatan partisipatif efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa. Pengalaman siswa dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran partisipatif menimbulkan perasaan senang dan puas dalam belajar, yang pada akhirnya meningkatkan minat dan hasil belajar. Hal ini sejalan dengan pendapat Hedges dan Cullen (2012), Wigfiled dan Cambria (2010), bahwa pembelajaran terjadi melalui kegiatan partisipatif di masyarakat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bernas

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Dentistry Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Neuroscience Nursing Public Health Social Sciences Veterinary Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of ...