Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimalnya pemahaman guru-guru SD di lingkungan Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan Terkait pengembangan media pembelajaran berbasis pembelajaran berdiferensiasi. Jumlah responden pada Penelitian ini adalah sebanyak 114 orang guru-guru SD di Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan. Hasil kuesioner (Uji kompetensi awal) terhadap pemahaman guru-guru SD di Kecamatan Kramatmulya menunjukkan bahwa terlihat bahwa dari 11 indikator yang diteliti, pemahaman guru dalam pengembangan media pembelajaran berdiferensiasi memiliki persentase yang berbedai beda dalam setiap indikatornya. Pada aspek pemahaman akan prinsip pengembangan media, menunjukkan bahwa sebanyak 3,9% guru yang memahami prinsip pengembangan media. Hasil uji akhir terlihat bahwa dari 11 indikator yang diteliti mengalami peningkatan pemahaman dengan rinsian sebagai berikut, pada indikator pemahaman prinsip pengembangan media naik sebanyak 11% menjadi 14,90%, indicator pengetahuan aplikasi Canva untuk membuat media pembelajaran naik sebanyak 8,40% menjadi 20,20%
Copyrights © 2024