Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 5 (2023)

Pengaruh Pemanfaatan Flashcard terhadap Motivasi Belajar dan Penguasaan Kosakata pada Anak

Dilta Purnama Sari (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta)
Sujarwo Sujarwo (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta)
Masripah Masripah (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan kartu huruf tehadap motivasi belajar dan penguasaan kosakata pada anakĀ  usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design atau eksperimen semu. Proses dari penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan pengamatan dalam 2 kelompok pembelajaran yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 60 anak usia 5-6 tahun dimana untuk kelompok eksperimen sebanyak 30 anak dan kelompok kontrol sebanyak 30 anak. Pemilihan Sekolah menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data memakai observasi dan dokumentasi dalam bentuk data angka deskriptif (nilai maksimal, minimal, range, median, mean, modus, standar devisiasi. Sedangkan Pengujian hipotesis data menggunakan Uji normalitas, uji homogenitas, dan uji paired sample test. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Terdapat pengaruh positif dan signifikan kartu huruf terhadap motivasi belajar dan penguasaan kosakata pada anak 5-6 tahun.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...