Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan dan Pelatihan
Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan dan Pelatihan

Meningkatkan Keterampilan Guru PAUD Melalui Pelatihan Pembuatan Film Animasi di Negeri Waraka

Jenri Ambarita (Unknown)
Agusthina Siahaya (Unknown)
Ira Ririhena (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapi oleh guru PAUD dalam pembelajaran dan untuk mengetahui sejauh mana pelatihan dan pendampingan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam membuat film animasi untuk pembelajaran anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR) dengan langkah-langkah diagnostik, action plan, action taking, evaluasi dan reflesi. Kegiatan pelatihan ini melibatkan 15 orang guru PAUD sebagai mitra partisipatif. Pengumpulan data dilakukan malalui kajian literatur dan penelitian relevan, wawancara, observasi, pretest dan postest, dan dokumentasi hasil karya peserta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAUD terkendala dalam merancang pembelajaran berbasis film Animasi dan belum pernah mengikuti kegiatan pelatihan sebelumnya. Pada aspek pengetahuan, 10 orang mengatakan sangat paham dan 5 orang mengatakan paham. Sedangkan keterampilan membuat film animasi, ada sebanyak 13 orang mengatakan sudah terampil dan 2 orang mengatakan masih kurang terampil akan tetapi sudah bisa membuat film animasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Ed

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan dan Pelatihan diterbitkan secara periodik dalam scope pembahasan tentang 1) Pendidikan dan Pelatihan bagi tenaga teknis dan administratif kependidikan seperti guru, tenaga kependidikan, laboran, kepala madrasah, pengawas, dosen, widyaiswara dan peneliti yang ...