Numeracy : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 11 No 1 (2024)

ANALISIS KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATIS DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER SISWA MADRASAH ALIYAH

Azriyatun Rizqa (Universitas Islam Negeri Ar- Raniry Banda Aceh)
Nuralam Syamsuddin (Universitas Islam Negeri Ar- Raniry Banda Aceh)
Khusnul Safrina (Universitas Islam Negeri Ar- Raniry Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Kemampuan spasial matematis merupakan satu di antara hal penting dalam pembelajaran matematika. Dengan kemampuan ini akan memudahkan siswa dalam proses belajar mengajar pada materi Geometri. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan spasial matematis siswa pada sekolah Madrasah Aliyah Negeri 4 Aceh Besar ditinjau dari perbedaan gender dalam menyelesaikan masalah jarak antar unsur bangun ruang kubus pada dimensi tiga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah 2 orang siswa bergender laki-laki dan 2 orang siswa bergender perempuan berdasarkan kemampuan spasial matematis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis kemampuan spasial dan melakukan wawancara kepada siswa. Teknik analisis data dengan mereduksi data penelitian, menyajikan data penelitian , dan membuat kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa bergender laki-laki dan siswa bergender perempuan, keduanya dapat melalui tahapan indikator spasial matematis dengan sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan spasial matematis siswa bergender laki-laki maupun perempuan keduanya baik namun ada perbedaan diantara keduanya dalam menyelesaikan permasalahan dimensi tiga, siswa bergender perempuan lebih teliti dan lebih lengkap ketika menjawab persoalan serta membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan siswa bergender laki-laki yang menyelesaikan soal secara praktis, singkat dan cepat.AbstractMathematical spatial ability is one of the important things in learning mathematics. This ability will make it easier for students in the learning process on Geometry material. This research aims to describe the mathematical spatial abilities of Madrasah Aliyah Negeri 4 Aceh Besar students in terms of gender differences in solving distance problems between cube elements in the third dimension. This research uses a qualitative approach with descriptive research type. The research subjects were 2 male students and 2 female students based on mathematical spatial abilities. Data collection techniques were carried out by writing spatial ability tests and conducting interviews. Data analysis techniques by reducing data, presenting data, and making conclusions. The data validity checking technique uses source triangulation. The results of the research show that male and female students can both go through the stages of mathematical spatial indicators well. It can be concluded that the mathematical spatial abilities of male and female students are both good, but there are differences between the two in solving three-dimensional problems, female students are more thorough and more complete and take longer than male students who solve problems practically, briefly and fast.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

numeracy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Numeracy Journal is a journal on mathematics education. The Journal publishes articles comprising on mathematics learning, critical study of mathematics learning, classroom action research research on mathematics curriculum, learning method of mathematic, learning media of mathematic, research on ...