Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 6 (2023)

Pentingnya Modifikasi Instrumen Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif

Chandra Apriyansyah (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia dini, Universitas Panca Sakti Bekasi)
Awaluddin Tjalla (Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta)
Ari Saptono (Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta)
Sri Sukatmi (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia dini, Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk menghasilkan instrumen evaluasi program PAUD HI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan instrumen Instrumen penilaian Evaluasi Program PAUD HI  yaitu instrumen yang digunakan untuk  mengukur efektivitas Program PAUD HI. Sebelum data dikumpulkan, instrumen sebagai pengumpul data perlu dipastikan memiliki legitimasi/validitas/inference quality. Pada penelitian mixed methods karena tidak terlalu menekankan pada pengujian konsep dari suatu teori, pembuktian legitimasi instrumen dapat dilakukan dengan review eksternal salah satunya adalah meminta “pakar/teman sejawat” untuk membantu menilai sejauh mana instrumen pengumpulan data yang digunakan benar-benar mengukur apa yang ingin nilai. Hasil penghitungan nilai reliabilitas seluruh butir instrumen menunjukkan bahwa rata-rata nilai koefisien  dalam kategori tinggi (0,71) dan nilai reliabilitas untuk ceklis dokumen juga dalam kategori tinggi (0,73) yang artinya seluruh butir instrumen memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi sehingga layak melakukan evaluasi program PAUD HI

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...