Kemajuan penggunan internet saat ini semakin pesat dan Google menjadi wadah mesinpencari terbanyak yang dikunjungi, perusahaan media mulai berbondong-bondongmeningkatkan kinerja publikasi mereka dengan menerapkan optimasi Search EngineOptimization (SEO) agar mampu berada di halaman teratas pada mesin pencariGoogle. Media daring Pikiran-rakyat.com menggunakan optimasi Search EngineOptimization (SEO) agar mampu berada di halaman utama Google dan mendapatkanpembaca lebih banyak. Tujuan penelitian ini mengetahui teknik penerapan SearchEngine Optimization (SEO) pada media daring Pikiran-rakyat.com dalam meningkatkanjumlah pembaca. Sebagai perusahaan, Pikiran-rakyat.com menggunakan teoriGeomelakis amp; Veglis (2015) mengenai metode penerapan Search Engine Optimization(SEO). Search Engine Optimization (SEO) merupakan proses editor website untukmenyesuaikan judul, lead, atau isi teks artikel guna meningkatkan penempatan situstersebut di mesin pencari dan memilki peluang untuk mudah ditemukan dan dibaca olehaudiens. Teori Geomelakis amp; Veglis (2015) menjelaskan Search Engine Optimization(SEO) memiliki dua metode, yaitu metode optimasi On-page yang berkaitan denganpengoptimalan pada konten yang disesuaikan dengan aturan dari optimasi SearchEngine Optimization (SEO) dan Off-page berkaitan dengan faktor luar yang terhubungdengan Search Engine Optimization (SEO) seperti media sosial. Penelitian inimenggunakan metode desktiptif dengan pendekatan kualitatif, melakukan pengumpulandata melalui wawancara, obeservasi, dan dokumentasi. hasil penelitian ini,menunjukkan bahwa Pikiran-rakyat.com melakukan teknik penerapan Search EngineOptimization (SEO) selaras dengan yang dikemukakan oleh teori Geomelakis amp; Veglis(2015) terutama pada kedua metode On-page dan Off-page yang menjadi pilarpemanfaatan Search Engine Optimization (SEO). Meskipun begitu, Pikiran-rakyat.comtentunya perlu berusaha mengembangkan dengan baik lagi terhadap penerapanSearch Engine Optimization (SEO) dalam meningkatkan jumlah pembaca ini.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024