HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 7 No. 1 (2023): Histogram

HAMBATAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI HIMPUNAN DI MASA PANDEMI

Eko Agustiawan (Universitas Islam Malang)
Surya Sari Faradiba (Universitas Islam Malang)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini sebanyak 2 mahasiswa yang berasal dari 1 mahasiswa kepulauan dan 1 mahasiswa daratan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hambatan belajar yang dialami mahasiswa pada materi himpunan dengan pembelajaran daring baik yang berasal dari kepulauan maupun dari daratan. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) mahasiswa mengalami hambatan internal kemampuan matematika seperti memahami soal, mentransformasi soal dan menyelesaikan soal himpunan, 2) mahasiswa mengalami hambatan internal psikologis seperti capek, bosan, tidak fokus dan segera berakhirnya pembelajaran, dan 3) mahasiswa mengalami hambatan eksternal seperti ketersediaan sinyal dan kualitas jaringan internet dalam pembelajaran online. Tidak ada perbedaan yang signifikan antara mahasiswa dari kepulauan dan dari daratan dalam menerima pembelajaran online yang dipengaruhi oleh adanya beberapa hambatan yang dapat mempengaruhi capaian hasil pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

histogram

Publisher

Subject

Education

Description

HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Maret dan September dengan proses peer-review dan open access. Memiliki p-ISSN: 2549-6700 dan e-ISSN:2549-6719 , diterbitkan oleh Program Studi pendidikan matematika STKIP Andi Mattappa Pangkep. HISTOGRAM Berisi ...