HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 8 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Matematika

PROFIL PEMECAHAN MASALAH ARITMATIKA SOSIAL DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT

Ika Citra Pratiwi (Tadulako University)
Rita Lefrida (Tadulako University)
Alfisyahra Alfisyahra (Tadulako university)
Pathuddin Pathuddin (Tadulako University)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskirpsikan profil pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal pada materi aritmatika sosial. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 orang siswa yang diambil dari 8 siswa kelas VII A MTs Nida’ul Khairaat Pombewe pada semester ganjil 2023/2024. Pemilihan subjek menggunakan Group Embedded Figures Test (GEFT).  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Profil pemecahan masalah siswa bergaya kognitif field independent memahami masalah dengan menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan dari soal secara lengkap dan terperinci, membuat rencana penyelesaian dengan tepat, melaksanakan rencana sesuai degan rencana yang telah dibuat sebelumnya  dan memeriksa kembali jawaban yang telah dikerjakan dengan cara meneliti atau mengecek ulang jawabannya dan memperoleh jawaban yang benar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

histogram

Publisher

Subject

Education

Description

HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Maret dan September dengan proses peer-review dan open access. Memiliki p-ISSN: 2549-6700 dan e-ISSN:2549-6719 , diterbitkan oleh Program Studi pendidikan matematika STKIP Andi Mattappa Pangkep. HISTOGRAM Berisi ...