JGuruku: Jurnal Penelitian Guru
Vol 1 No 2 (2023)

PENGARUH PICTURE WORD INDUCTIVE MODEL DAN MODEL CONCEPT SENTENCE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI SEDERHANA

Novi Kurniasih (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan menulis teks narasi sederhana pada siswa kelas II sekolah dasar Negeri Mendala Kecamatan Sirampong Kabupaten Brebes. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil kemampuan menulis teks narasi sederhana yang menggunakan model picture word inductive model dengan siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan Model Concept Sentence. Hasil dari penelitian ini nilai thitung = 6,55 dan nilai ttabel = 1,67, maka thitung > ttabel, ini menunjukan H1 di terima. maka terdapat perbedaan kemampuan menulis teks narasi sederhana antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata kunci: Picture Word inductive model, concept sentence, Keterampilan Menulis Teks Narasi Sederhana THE INFLUENCE OF PICTURE WORD INDUCTIVE MODEL AND CONCEPT SENTENCE MODEL ON SIMPLE NARRATIVE TEXT WRITING SKILLS ABSTRACT This research was motivated by the lack of ability to write simple narrative texts in class II elementary school students at Mendala State, Sirampong District, Brebes Regency. This research was conducted with the aim of finding out the differences in the results of the ability to write simple narrative texts using the picture word inductive model and students who received learning using the Concept Sentence Model. The results of this research are tcount = 6.55 and ttable value = 1.67, so tcount > ttable, this shows that H1 is accepted. So there is a difference in the ability to write simple narrative texts between the experimental class and the control class. Keywords: Picture Word inductive model, concept sentence, Simple Narrative Text Writing Skills

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JGuruku

Publisher

Subject

Education Other

Description

JGuruku: Jurnal Penelitian Guru merupakan media publikasi dengan lingkup pendidikan yang terbuka bagi semua guru dan semua cabang ilmu. Penulis harus memiliki intansi di sekolah baik SD, SMP, dan SMA sebagai penulis, penulis lain dari luar intansi tersebut merupakan target lain dengan fokus tulisan ...