Scientific Student Journal for Information, Technology and Science
Vol. 4 No. 2 (2023): Scientific Student Journal for Information, Technology and Science

Sistem Pakar Mendiagnosis Tingkat Kecanduan Game Online Menggunakan Metode Certainty Factor

Anisa Itiawanti (Unknown)
Yana Cahyana (Unknown)
Santi Lestari (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Kecanduan game merupakan sebuah pola perilaku bermain yang ditandai dengan seseorang yang tidak dapat mengendalikan keinginan bermain game, lebih memprioritaskan bermain game daripada melakukan kegiatan yang lain atau aktivitas yang lain, Kecanduan game online merupakan masalah yang serius tetapi dalam penangannya masih sangat minim, maka dibutuhkan sistem untuk mempermudah mendeteksi tingkat kecanduan bermain game online yang bersumber dari gejala yang dialami dari pengguna dengan menggunakan sistem pakar. Ketidakpastian dalam penarikan kesimpulan sering terjadi dalam sistem pakar. Salah satu metode untuk mengatasi ketidakpastian tersebut adalah metode certainty factor. Metode certainty factor adalah metode untuk membuktikan apakah suatu fakta itu pasti atau fakta tidak pasti, metode certainty factor ini sangat cocok untuk mendiagnosa sesuatu yang belum pasti. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan terdapat 22 data yang sesuai dari semua data uji 30 responden. Jadi, tingkat akurasi sistem setelah dilakukan pengujian terhadap 30 data uji adalah 73,3%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ssj

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Scientific Student Journal for Information, Technology and Science berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa dari program studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer pada Universitas Buana Perjuangan Karawang. Jurnal ini dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh ...