Prosiding University Research Colloquium
Proceeding of The 19th University Research Colloquium 2024: Bidang Sosial, Ekonomi dan Psikologi

STRATEGI PEMASARAN DAN PENGELOLAAN UMKM MELALUI MEDIA SOSIAL DALAM MENGHADAPI TANTANGAN ERA SOCIETY 5.0 DI KABUPATEN PACITAN

Cahyono, Dedi Dwi (Unknown)
Prahastiwi, Eka Danik (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi strategi pemasaran dan pengelolaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui media sosial di Kabupaten Pacitan dalam menghadapi Era Society 5.0. Fokusnya adalah pada tantangan strategis UMKM, termasuk kurangnya penetrasi pasar digital, keterbatasan keterampilan dalam memanfaatkan media sosial, dan ketidakmampuan mengikuti perubahan perilaku konsumen.Melalui pendekatan campuran kualitatif dan kuantitatif, penelitian ini menghasilkan panduan praktis untuk pelaku UMKM. Panduan ini mencakup langkah-langkah konkrit untuk meningkatkan visibilitas online, meningkatkan keterlibatan konsumen, dan memperkuat keberlanjutan bisnis. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman strategis pemasaran dan pengelolaan UMKM melalui media sosial di Era Society 5.0, memberikan panduan praktis bagi pelaku UMKM dalam menghadapi dinamika era digital ini

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

proceeding

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology

Description

University Research Colloquium (URECOL) merupakan forum seminar nasional yang memberikan kesempatan untuk diseminasi, diskusi, dan mendapatkan follow up atas luaran penelitian maupun pengabdian kepada ...