Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak
Vol 10, No 2 (2024): Juli 2024

PENGARUH KEGIATAN STEMPEL KAYU TERHADAP MENGGAMBAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI 3 PADANG

Santika, Lora (Unknown)
Mayar, Farida (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar berkembangnya seni rupa menggambar anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi 3 Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pada menggambar anak yang mudah bosan di Taman Kanak-kanak Pertiwi 3 Padang. Hal ini terjadi karena di sekolah masih menggunakan cara-cara lama pada kegiatan menggambar. Maka berdasarkan permasalahan tersebut peneliti memberikan solusi yaitu menggambar menggunakan media bantuan stempel kayu dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh terhadap kemampuan menggambar anak. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasy Eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Taman Kanak-kanak Pertiwi 3 Padang dengan jumlah 38 anak, dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas B1 dan kelas B2 yang masing-masingnya berjumlah 10 orang anak. Teknik pengambilan sampel mlenggunakan Purposive Sampling. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test) menggunakan bantuan aplikasi SPSS 25.0 for windows. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen dengan kegiatan menggambar dengan bantuan stempel kayu diperoleh nilai rata-rata gain score 17,30 sedangkan pada kelas kontrol menggambar bebas dengan krayon diperoleh nilai rata-rata gain score sebesar 15,30. Kemudian berdasarkan hasil uji-t diketahui nilai sig (2-tailed) adalah sebesar 0,008 < 0,05. Dengan demlikian ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga Ha diterimla Ho ditolak. Dengan demikian disimpulkan bahwa kegiatan  menggambar menggunakan bantuan stempel kayu berpengaruh terhadap kemampuan menggambar anak usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Pertiwi 3 Padang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bunayya

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Bunayya (Jurnal Pendidikan Anak) Terbit 6 bulan sekali (Januari dan Juli) sudah dimulai sejak juni 2015, diterbitkan oleh program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal ini diharapkan sebagai media bagi dosen, peneliti, ...