Hipotenusa: Journal of Research Mathematics Education (HJRME)
Vol 7, No 2 (2024): Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA MONIKA (MONOPOLI ARITMATIKA) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Ilmiyah, Lukluk (Unknown)
Rohim, Abdur (Unknown)
Aini, Khafidhoh Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2024

Abstract

Untuk menangani berbagai masalah matematika, kemampuan dalam memahami konsep sangat penting dalam mempelajari ilmu matematika. Teknik pemilihan subjek yang digunakan oleh peneliti yaitu purposive sampling. Hal ini berdasarkan hasil observasi peneliti dengan salah satu guru matematika MTS Sunan Drajat yang mengatakan bahwa kelas VII A adalah salah satu kelas yang siswanya dalam memahami konsep tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII MTS Sunan Drajat. Pendekatan yang digunakan yaitu deskriptive qualitative dengan menggunakan metode eksperimen. Kemampuan siswa dalam memahami konsep dalam bentuk deskripsi diukur melalui ujian tulis. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) berhasil meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VII A MTS Sunan Drajat. Hasil pretest dan posttest menunjukkan gain sebesar 0.53, yang menunjukkan bahwa siswa dalam kategori peningkatan sedang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

HT

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) is a peer-refereed open-access international journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal is founded under Department of Mathematics Education ...