TPS3R merupakan usaha pengelolaan sampah yang berlokasi di Desa Waru Barat, Pamekasan. Keinginan untuk tumbuh dan memaksimalkan keuntungan menuntut TPS3R untuk memahami karakteristik dan perilaku pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik pelanggan dan menganalisis pengaruh perilaku konsumen melalui variabel pelayanan terhadap keputusan berlangganan TPS3R. Lokasi penelitian ditentukan secara purposif, teknik pengambilan sampel secara purposive sampling dengan 63 responden. Analisis dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, serta uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik pelanggan mayoritas berjenis kelamin perempuan, berusia 31-37 tahun, berwiraswasta dan rata-rata berpendidikan SMA. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa variabel promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan berlangganan. Sebaliknya, variabel harga tidak mempengaruhi keputusan berlangganan. TPS3R sebaiknya lebih memperhatikan karakteristik pelanggan dan variabel yang berpengaruh sebagai acuan strategi pemasaran kedepannya.
Copyrights © 2024