Literasi : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 15, No 2 (2024)

Analisis Kemampuan Literasi Matematika Dalam Pandangan PISA 2022

Atikah, Helmalia Fitri (Unknown)
Sarifah, Iva (Universitas Negeri Jakarta)
Yudha, Chrisnaji Banindra (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengerahui apa saja aspek-aspek kemampuan literasi matematika dan bagaimana pandangan PISA terhadap kompetensi kemampuan literasi matematika. Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur. Sampel studi yang digunakan sebanyak 3 studi yang berasal dari laman resmi organisasi OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) yang menaungi program PISA. Data dalam penelitian ini di analisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil kajian dalam studi ini menunjukkan bahwa PISA 2022 mengalami perubahan dan mengaitkan litersi matemayika dengan penalaran matematika, berpikir komputasional, empat area konten fokus, dan kompetensi abad ke-21 dalam proses pemecahan masalah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

LITERASI

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and scope; Educational curriculum studies Subject matter studies Instructional media and educational aid Instructional methods and strategies Techer competence Psyco-socioanthropology studies Educational system managemant Educational character, gender and ...