Literasi : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 15, No 2 (2024)

Implementasi Supervisi Akademik Berbasis Digital

Qamaruzzaman, Muhammad (UIN ANTASARI BANJARMASIN)
Setiawan, Endry (SMAN 1 Berau, Kalimanatan Timur)
Hanifah, Evy (MTs Al-Ridho Berau, Kalimantan Timur)
Chairiyah, Siti Sri (TK Negeri Pembina Gunung Tabur, Berau, Kalimantan Timur)
Warman, Warman (FKIP Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi atau pelaksanaan supervise akademiki berbasis digital, dalam rangka peningkatan kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan pendekatan studi literature. Analisis secara disriptif berdasarkan data dari referensi. Pada penelitian ini diambil 8 obyek jurnal terkait dengan penilaian supervise akademik berbasis digital. Hasil penelitian menunjukkan implementasi supervise akademik berbasis digital dapat memberikan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan supervise, karena akan mempermudah dan merekam data secara tepat. Selain itu, pelaksanaan supervise ini meningkatkan kemampuan guru dalam literasi, dan meningkatkan kemampuan guru untuk mengeksplore kemampuannya dalam penggunaan software atau perangkat lunak guna mendukung pelaksanaan supervise akademiki tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

LITERASI

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and scope; Educational curriculum studies Subject matter studies Instructional media and educational aid Instructional methods and strategies Techer competence Psyco-socioanthropology studies Educational system managemant Educational character, gender and ...