Kurikulum Merdeka telah berhasil mengintegrasikan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila, namun tantangan-tantangan dalam implementasi masih terlihat. Seperti kurangnya pemahaman dan penerapan guru dalam mengintegrasikan pendidikan karakter profil pelajar Pancasila dalam proses pembelajaran sehingga berdampak pada krisis moral peserta didik. Dalam menghadapi tantangan ini, salah satu strategi atau model pembelajaran yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran untuk memastikan integrasi pendidikan karakter yang efektif dan konsisten guna memperkuat profil pelajar Pancasila pada peserta didik yaitu Living Values: An Educational Program (LVEP). Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan tentang cara penguatan profil pelajar Pancasila dalam kurikulum Merdeka melalui Living Values Education Program (LVEP). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan tinjauan pustaka. Prosedur pengumpulan data penelitian terdiri dari: 1) editing; 2). organizing; dan 3) finding.Uji validitas yang digunakan yairu triangulasi sumber data.Teknik analisis data yang digunakan antara lain pengumpulan data, reduksi data, penyajian data (display data), selanjutnya penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Living Values Education Program dapat diterapkan oleh guru-guru sebagai salah satu strategi atau program unggulan dalam penguatan profil pelajar Pancasila bagi peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik memiliki moral yang baik dan berakhlak mulia. LVEP mencakup aktivitas-aktivitas nilai seperti berefleksi, berimajinasi, berdialog, berkomunikasi, berkreasi, mebuat tulisan, kkarya seni, lagu-lagu, dan bermain dengan nilai-nilai yang diajarkan. Aktivitas LVEP dirancang untuk mengajak pesreta didik untuk memikirkan diri sendiri, orang lain dan dunia serta mendalami, mengalami, dan mengeksplorasi tentang nilai dalam kehidupan sehari-hari sehingga peserta didik memperoleh pengalaman langsung yang bermakna. Kata Kunci: Living Values Education Program, Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka
Copyrights © 2024