Literasi : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 15, No 2 (2024)

Living Values Education Program (LVEP) Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila Peserta Didik Dalam Kurikulum Merdeka

Apriani, An-Nisa (Universitas Alma Ata)
Komalasari, Mahilda Dea (Universitas PGRI Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2024

Abstract

Kurikulum Merdeka telah berhasil mengintegrasikan pendidikan  karakter melalui profil pelajar pancasila, namun tantangan-tantangan  dalam  implementasi  masih  terlihat. Seperti kurangnya pemahaman dan penerapan guru dalam mengintegrasikan  pendidikan  karakter profil pelajar Pancasila dalam  proses  pembelajaran sehingga berdampak pada krisis moral peserta didik. Dalam menghadapi  tantangan  ini,  salah satu strategi atau model pembelajaran yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran untuk  memastikan integrasi pendidikan  karakter yang efektif  dan  konsisten guna memperkuat profil pelajar Pancasila pada peserta didik yaitu Living Values: An Educational Program (LVEP). Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan tentang cara penguatan profil pelajar Pancasila dalam kurikulum Merdeka melalui Living Values Education Program (LVEP). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan tinjauan pustaka. Prosedur pengumpulan data penelitian  terdiri  dari:  1) editing; 2). organizing;  dan  3) finding.Uji  validitas  yang  digunakan  yairu triangulasi sumber data.Teknik analisis data yang digunakan antara lain pengumpulan data, reduksi data, penyajian  data (display  data),  selanjutnya penarikan  kesimpulan.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Living Values Education Program dapat diterapkan oleh guru-guru sebagai salah satu strategi atau program unggulan dalam penguatan profil pelajar Pancasila bagi peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik memiliki moral yang baik dan berakhlak mulia. LVEP mencakup aktivitas-aktivitas nilai seperti berefleksi, berimajinasi, berdialog, berkomunikasi, berkreasi, mebuat tulisan, kkarya seni, lagu-lagu, dan bermain dengan nilai-nilai yang diajarkan. Aktivitas LVEP dirancang untuk mengajak pesreta didik untuk memikirkan diri sendiri, orang lain dan dunia serta mendalami, mengalami, dan mengeksplorasi tentang nilai dalam kehidupan sehari-hari sehingga peserta didik memperoleh pengalaman langsung yang bermakna. Kata Kunci: Living Values Education Program, Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

LITERASI

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and scope; Educational curriculum studies Subject matter studies Instructional media and educational aid Instructional methods and strategies Techer competence Psyco-socioanthropology studies Educational system managemant Educational character, gender and ...