Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 8 No 1 Maret 2021

Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) dalam Pengajaran Nilai-Nilai Pancasila di Sekolah Dasar

Hidayat, Heri (Unknown)
Mulayani, Heny (Unknown)
Yulis, Neng (Unknown)
Idris, Nuraini (Unknown)
Komalasari, Ratih (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2021

Abstract

AbstrakPenerapan nilai-nilai Pancasila di Sekolah Dasar belum maksimal sehingga perlu adanya alternatif dalam proses pembelajaran PPKn supaya mendapatkan hasil yang lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait model pembelajaran STAD, penerapan, serta hasil dari penerapan model pembelajaran STAD dalam kegiatan pembelajaran PPKn terutama pada nilai-nilai Pancasila. Metode yang digunakan merupakan metode deksriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui studi kepustakaan atau Library Research berupa hasil penelitian terdahulu dan jurnal-jurnal publikasi. Berdasarkan metode tersebut dihasilkan kesimpulan bahwa model pembelajaran STAD berpengaruh terhadap prestasi hasil belajar siswa dan dapat membentuk prilaku siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Supaya mendapatkan hasil yang lebih optimal, guru harus menggunakan model STAD secara berkesinabungan dan sebagai fasilitator guru harus memahami langkah-langkah model pembelajaran STAD dengan baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PKn

Publisher

Subject

Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Other

Description

Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan merupakan media komunikasi dan publikasi artikel ilmiah berdasarkan hasil penelitian dan kajian pustaka bagi para akademisi, praktisi, dan peneliti dalam bidang kewarganegaraan dan pendidikan. Jurnal mulai diterbitkan pada tahun 2014 dalam bentuk cetak dan pada ...