Latar belakang penelitian ini berdasarkan dari pemanfaatan media pembelajaran yang berbasis teknologi. Video pembelajaran memungkinkan variasi dalam penyampaian materi, sehingga dapat disesuaikan dengan gaya belajar peserta didik. Video pembelajaran AMAS memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan. Dengan penggunaan teknologi software seperti Canva dan CapCut interaktif pada video pembelajaran, siswa dapat terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran dan meningkatkan motivasi mereka untuk terus belajar. CapCut dipilih sebagai platform utama untuk pembuatan video karena kemudahan penggunaannya dan fitur-fitur kreatif yang dapat menambah nilai visual video. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan penggunaan media video pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Objek dari penelitian yaitu peserta didik kelas 5 SDN Panyingkiran II Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang. Metode penelitian yang digunakan adalah D&D (Design & Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan video pembelajaran yang dikembangkan sudah berhasil diuji layak produk dan dapat digunakan pada pembelajaran. Dengan demikian, pengembangan video pembelajaran ini diharapkan dapat mendukung proses pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, dan memberikan pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai kebaikan dalam Islam bagi siswa kelas 5 SDN Panyingkiran II.
Copyrights © 2024