Program tahfidz Al-Qur’an yang diterpakan di PAUD Hidayatut Thullab bukan sesuatu yang mudah, selain siswa dan siswi dihadapkan dengan mata pelajaran umum juga dihadapkan dengan kegiatan khusus yaitu, menghafal Al-Qur’an sehingga diperlukan strategi dalam menerapkan program tersebut agar dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Hala itu dilakukan Di PAUD Hidayatut Thullab. Maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu; Pertama, Peran Kepala Sekolah dalam Mencetak Generasi Qur’ani di PAUD Hidayatut Thullab. Kedua, Dampak Peran Kepala Sekolah dalam Mencetak Generasi Qur’an di PAUD Hidayatut Thullab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian di lapangan (Field Research). Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala Sekolah, Guru dan Wali murid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama; Peran kepala sekolah dalam menceta geneasi Qur’an dengan cara mengenalkan peserta didik dengan Al-Qur’an melalui cara segala aktivitas peserta didik disibukkan dengan al-qur’an mulai dari apa yang mereka baca, dengar dan lihat. Dan menjadikan televisi sebagai media penunjang pembelajaran untuk menampilkan video tutorial baca qur’an, audio Al-Qur’an, juga kertas muroja’ah dan buku tahfidz. Kedua, Dampak adanya Upaya Kepala Sekolah dalam Mencetak Generasi Qur’ani yaitu mengalami perkembangan yang sangat pesat hal ini dapat dilihat dari jumlah siswa dari tahun 2018-2023 yang awal mulanya 20-an menjadi 120-an, selain itu peserta didik terbiasa bersama dengan Al-Qur’an sehinga menyebabkan peserta didik yang awalnya tidak kenal Al-Qur’an menjadi kenal bahkan dekat dengan Al-Qur’an. Kata Kunci : Peran Kepala Sekolah, Generasi Qur’ani.
Copyrights © 2024