CENDEKIA PENDIDIKAN
Vol 3 No 3 (2024): Edisi Agustus

ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN INTERAKTIF GURU DALAM PEMBELAJARAN IPA DIKELAS 4 SDN 2 LANDANGAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Ali Yahya, Moh. (Unknown)
Febrianto, Mory Victor (Unknown)
Suarmika, Putu Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2024

Abstract

Strategi pembelajaran interaktif dirancang untuk menciptakan suasana pembinaan dan pembelajaran yang terfokus pada mahasiswa sehingga mereka secara aktif membangun pemahaman melalui penyelidikan atas pertanyaan-pertanyaan yang mereka ajukan sendiri. Dalam hal ini siswa diberi kebebasan dan kesempatan untuk melibatkan minatnya dengan cara mengajukan pertanyaan tentang topik yang akan dipelajari, kemudian melakukan investigasi terhadap pertanyaan yang diajukannya sendiri. rumusan kerumitan dalam studi tentang bagaimana menyelidiki teknik pembelajaran interaktif instruktur dalam perolehan pengetahuan IPA di Keagungan 4 di SDN 2 Landangan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, pengumpulan informasi menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, dan analisis informasi yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengecekan keabsahan informasi terdiri dari komentar, daya tahan, triangulasi berdasarkan hasil penelitian khususnya metode pembelajaran Interaktif guru pada pembelajaran teknologi di keanggunan 4 di SDN 2 Landangan, pelatih membuat Rencana Pelaksanaan penguasaan (RPP) penggunaan teknik klinis Kurikulum 2013, penggunaan metode dialog, Sedangkan pemberian tugas lembaga dan media pembelajarannya melalui pot bunga, media proyektor LCD. . Pembelajaran IPA dengan menerapkan strategi mengenal secara interaktif membuat sebagian besar siswa kelas 4 SDN 2 Landangan merasa puas dan tidak bosan karena sambil mencari teman untuk kelompoknya, siswa berlomba- lomba mendiskusikan akibat dari pembelajaran mereka. jawaban pribadi yang mungkin kemudian dapat disimpulkan sebagai solusi yang tepat. Belajar dengan menerapkan teknik belajar interaktif, siswa menjadi lebih percaya diri dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru kelas karena dengan mencari jawabannya sendiri, siswa mampu melihat sejauh mana kemampuan setiap siswa dalam memahami. kain pembelajaran pengetahuan teknologi. Dalam kelompok siswa dilatih untuk bertanggung jawab dan dengan cara berdiskusi melatih keberanian siswa untuk mengutarakan pendapatnya, selain itu siswa mendapat kesempatan untuk membalas pendapat temannya sehingga melatih siswa untuk berasumsi secara serius dalam berpikir. jawaban benar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendekiapendidikan

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal Cendekia memiliki focus and scope dalam Kajian dan penelitian di bidang pendidikan, kajian menejemen Sekolah, PTK (penelitian tindakan kelas), dan hasil penelitian di bidang pendidikan dan pengembangan pembelajaran di sekolah ...