CENDEKIA PENDIDIKAN
Vol 2 No 4 (2023): November

PENINGKATAN MINAT BACA SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI POJOK BACA DI SDN 7 KAYUMAS KECAMATAN ARJASA KABUPATEN SITUBONDO TAHUN 2023

Suyani Suyani (Universitas Abdurachman Saleh Situbondo)
Dodik Eko Yulianto (Universitas Abdurachman Saleh Situbondo)
Gustilas Ade Setiawan (Universitas Abdurachman Saleh Situbondo)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2023

Abstract

Penelitian yang berjudul Peningkatan Minat Baca siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui Pojok Baca di SDN 7 Kayumas Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo Tahun 2023 dilatar belakangi oleh minat baca siswa SDN 7 Kayumas khususnya kelas V masih kurang, banyak siswa yang tidak suka membaca. Hal ini disebabkan karena guru ‘hanya menyuruh anak membaca tanpa memberikan arahan yang membuat mereka termotivasi dalam membaca. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan minat baca siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui pojok baca di SDN 7 Kayumas Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terbagi menjadi dua siklus. Dimana dalam tiap siklus terdapat tahapan- tahapan diantaranya perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pojok baca dapat meningkatkan minat baca. Hasil analisis minat baca siswa berdasarkan data pra siklus hanya mencapai 49,5% (cukup) setelah dilakukan tindakan melalui pojok baca mengalami peningkatan 13% pada siklus 1 menjadi 62,5% (baik) dan pada siklus 2 naik 18% menjadi 80,5% (baik sekali). Persentase ketuntasan secara klasikal pada pra siklus sebanyak 20 %, pada siklus 1 naik 24 % menjadi 44 % dan siklus 2 naik 36 % menjadi 80 % sehingga sudah mencapai ketuntasan secara klasikal, siswa dikatakan berhasil apabila ketuntasan siswa mencapai 75% (E. Mulyasa, 2010:257).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cendekiapendidikan

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal Cendekia memiliki focus and scope dalam Kajian dan penelitian di bidang pendidikan, kajian menejemen Sekolah, PTK (penelitian tindakan kelas), dan hasil penelitian di bidang pendidikan dan pengembangan pembelajaran di sekolah ...