CENDEKIA PENDIDIKAN
Vol 3 No 3 (2024): Edisi Agustus

ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS 2 SDN 1 PATEMON, KECAMATAN JATIBANTENG KABUPATEN SITUBONDO

Hery Aguswandi (Universitas Abdurachman Saleh Situbondo)
Gustilas Ade Setiawan (Universitas Abdurachman Saleh Situbondo)
Afif Amroellah (Universitas Abdurachman Saleh Situbondo)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2024

Abstract

Pada penelitian ini sini peneliti ingin menggunakan model talking stick pada pembelajaran matematika untuk menganalisis sebagaimana bergunakah model ini untuk mengetahui hasil belajar siswa di kelas 2. Sebelumnya terkait model-model pembelajaran di SDN 1 Patemon. Peneliti sendiri telah mengobservasi bahwasanya kurangnya model -model pembelajaran yang di terapkan di sekolah ini, bahkan media pembelajaran bisa dibilang sangat kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimanakah Analisis Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas 2 SDN 1 Patemon, Kecamatan Jatibanteng Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2022-2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti memahami dan menghayati “Analisis Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas 2 SDN 1 Patemon, Kecamatan Jatibanteng Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2022-2023” Penelitian ini menggunakan guru kelas 2 dan siswa kelas 2 sebagai sumber data utama yang hasil penelitiannya berupa kata-kata atau pernyataan yang sesuai dengan keadaan sebenarnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan model analisis yang telah dilakukan sudah membuktikan bahwasanya hasil belajar siswa banyak perubahan yang sudah terbukti dengan dilakukannya penelitian. Siswa sangat tertarik dengan model yang digunakan dalam penelitian, siswa juga sangat aktif dalam kegiatan KBM dan siswa juga sangat antusias dengan pembelajaran yang dilakukan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendekiapendidikan

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal Cendekia memiliki focus and scope dalam Kajian dan penelitian di bidang pendidikan, kajian menejemen Sekolah, PTK (penelitian tindakan kelas), dan hasil penelitian di bidang pendidikan dan pengembangan pembelajaran di sekolah ...