CENDEKIA PENDIDIKAN
Vol 3 No 3 (2024): Edisi Agustus

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT SISWA KELAS V SDN 12 PINTUSONA KECAMATAN PANGURURAN T.A 2024/2025

Rejeki Sinaga, Exsa Lanty Sri (Unknown)
Irsan, Irsan (Unknown)
Nurmayani, Nurmayani (Unknown)
Tamba, Robenhart (Unknown)
Mailani, Elvi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran puzzle yang valid, praktis, dan efektif untuk pembelajaran Matematika khususnya pada materi Operasi Hitung Bilangan Bulat pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Hal ini berlandaskan dari permasalahan yang telah diperoleh dari hasil observasi dan wawancara awal yang dilakukan sebelumnya. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru kelas dan siswa kelas V SDN 12 Pintusona. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah media pembelajaran puzzle untuk pembelajaran Matematika khusunya pada materi operasi hitung bilangan bulat. Teknik pengumpulan data yyang digunakan yakni observasi, wawancara, tes, dan kuesioner. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara guru, angket validasi materi, angket validasi media, dan praktisi pendidikan, serta soal posttest dan pretest. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil validasi oleh validator ahli materi memperoleh hasil persentase rata-rata “92,6“ dengan kategori “sangat layak”, sedangkan hasil validasi oleh validator ahli desain media memperoleh hasil persentase rata-rata “95“ dengan kategori “sangat praktis”. Uji keefektifan media dapat diketahui setelah menggunakan media yang dikembangkan, nilai rata-rata siswa meningkat dari semula nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan media yaitu “60“ dengan kategori “cukup praktis “ meningkat menjadi “95“ dengan kategori “sangat praktis“ setelah menggunakan media.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendekiapendidikan

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal Cendekia memiliki focus and scope dalam Kajian dan penelitian di bidang pendidikan, kajian menejemen Sekolah, PTK (penelitian tindakan kelas), dan hasil penelitian di bidang pendidikan dan pengembangan pembelajaran di sekolah ...