Permasalahan yang terdapat di SDN 2 Lubawang adalah kurang tersedianya media dan kurangnya kreativitas guru dalam mendesain dan membuat media pembelajaran membuat hasil belajar siswa kelas V menjadi rendah. Namun masalah tersebut masih dapat dioptimalkan dengan menggunakan metode dan media yang tepat dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, salah satu media pembelajaran yang cocok diterapkan dalam mata pelajaran IPA khususnya materi pokok organ-organ pencernaan manusia adalah penggunaan media torso. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media torso terhadap peningkatan hasil belajar pada mata pelajara IPA siswa kelas V di SDN 2 Lubawang Kecamatan Banyuglugur Kabupaten Situbondo. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif learning tipe scramble melalui media torso berpengaruh terhadap hasil belajar siswa IPA kelas V SD Negeri 2 Lubawang Kecamatan Banyuglugur Kabupaten Situbondo. Hal ini dapat dilihat dari tingkat ketuntasan hasil belajar pada setiap siklus yang meningkat. Tingkat ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II terjadi peningkatan 25%, maka target yang diinginkan telah tercapai untuk ketuntasan hasil belajar siswa, karena pada akhir siklus telah mencapai target yang telah ditentukan yaitu 81%.
Copyrights © 2023