Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Kebutuhan Kemampuan merawat diri siswa berkebutuhan khusus pada program BK yang ada di sekolah. Metode yang digunakan yaitu studi Narative Kualitatif, informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kurikulum, kesiswaan, sarana prasarana, guru BK, orang tua siswa, teman sebaya dan juga siswa berkebutuhan khusus. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan merawat diri siswa berkebutuhan khusus di sekolah sudah bisa berpakaian sendiri, berhias sendiri, makan/minum sendiri, namun masih ada beberapa siswa berkebutuhan khusus yang perlu bantuan dalam menyiapkan urusan pribadi di lingkungan rumah. Program BK berdasarkan hasil analisis kebutuhan melalui asesmen tes dan non tes yaitu layanan konseling pribadi pada kemampuan merawat diri belum terlaksana secara optimal.
Copyrights © 2024