Era teknologi memberikan banyak perubahan bagi kehidupan manusia, termasuk perubahan pada kegiatan dakwah. Kegiatan dakwah saat ini banyak ditemukan diberbagai media sosial, sebagai bentuk pemanfaatan teknologi yang dilakukan para da’i. Namun yang menjadi pemaslahan adalah bagaimana efektivitas penggunaan media sosial sebagai media dakwah. Pendekatan tinjauan literatur sistematis adalah strategi penelitian yang digunakan. Sumber data diperoleh dari Google Scholar dan Crossref dengan rentang waktu tahun 2013–2023. Kemdian VOSviewer dan aplikasi Publish or Perish (PoP) digunakan sebagai alat analisis data. Hasil study literature yang dilakukan ditemukan 3600 artikel dengan 9 kata kunci yang digunakan dan 3480 diantaranya relevan dengan tema penelitian setelah dilakukan exclude and include keywords. Kemudian berdasarkan hasil analisis Vosviewer menunjukkan bahwa media sosial adalah media dakwah yang banyak digunakan da’i untuk menyampaikan pesan dakwah sejak tahun 2019 sampai sekarang. Diantara media sosial yang digunakan adalah Facebook, Instagram, Tiktok dan Youtube. Selanjutnya dari hasil analisis yang dilakukan pada beberapa hasil penelitian terdahulu media sosial efektif digunakan sebagai media dakwah. Namun harus tetap memperhatikan kualitas da’i, pengemasan pesan dan metode dakwah yang digunakan, serta frekuensi dan intensitas yang dilakukan tinggi.
Copyrights © 2023