Syarikat : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah
Vol. 7 No. 1 (2024): Syarikat : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah

Pengaruh Religiusitas terhadap Niat Pembelian Produk Keuangan Syariah dengan Mediasi Literasi Keuangan Syariah

Muria Indah Nur Rochmawati B.S (Universitas Hayam Wuruk Perbanas)
Wiwik Lestari (Universitas Hayam Wuruk Perbanas)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Pertumbuhan produk keuangan syariah di Indonesia cukup menarik perhatian, hal tersebut karena niat membeli produk keuangan syariah masyarakat Indonesia yang relatif rendah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas terhadap niat membeli produk keuangan syariah dengan mediasi literasi keuangan syariah. Metode penelitian menggunakan survei dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini merupakan masyarakat Jawa Timur yang beragama Islam dan sudah berpendapatan. Sampel yang digunakan sebanyak 346 responden, dengan teknik non-probality dalam mengambil sampel. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiusitas berpengaruh secara signifikan terhadap niat membeli produk keuangan syariah. Literasi keuangan syariah secara signifikan memediasi pengaruh religiusitas terhadap niat beli produk keuangan syariah. Tetapi pengaruh langsung religiusitas terhadap niat beli lebih tinggi daripada melalui mediasi literasi keuangan syariah. Keterbatasan dalam penelitian ini terdapat pada sampel yang kurang merata di wilayah Jawa Timur.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

syarikat

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

SYARIKAT : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah meliputi hasil penelitian dan non-penelitian (kajian teoritis, aplikasi teori dan review) tentang masalah-masalah keilmuan yang tergabung dalam rumpun ekonomi ...